Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaruh,



1.Pendahuluan
Hai sobat IT, gimana kabarnya hari ini, baik sekali dan sehat selalu bukan. Ok, pada kesempata kali ini kita akan menginstall software yakni PacketTracer. Kenapa pada kesempatan kali ini kita melakukan instalasi PacketTracer ? Tunggu jawabannya di Pembahasan ya.
A.Pokok Bahasan
Instalasi Cisco PacketTracer.
B.Latar Belakang
Karena kita akan lakukan konfigurasi Cisco secara real.
C.Tujuan
Untuk persiapan ataupun topangan awal sebelum memegang Cisco secara langsung.
2.Isi
D.Pembahasan
Ok, daripada penasaran kalian menunggu jawaban dibagian pendahuluan tadi maka disini saya aka jelaskan kenapa, saya menginstall PacketTracer, selain dari untuk persiapan implementasi praktek Cisco secara real, karena juga kita ada Training Cisco .Nah, untuk instalasi PacketTracernya sendiri
sangatlah mudah. Berikut tutorialnya :
  1. Pertama-tama masuk terlebih dahulu kedalam direktori dimana kita menyimpan PacketTracer. Disini saya menyimpannya pada bagian dalam Folder Download yang didalamnya saya buat lagi Folder bernama PACKET TRACER, maka kita ketikkan perintah :


    cd Downloads/PACKET \ TRACER / , ketik ls untuk mengecek apakah didalam folder PACKET TRACER sudah ada file PcketTracernya atau belum.
  2. Extract file PacketTracer dengan format .tar.gz dengan perintah berikut tar -xvzf PacketTracer72_64bit_linux.tar.gz

  3. Kemudian kita tinggal install dengan perintah sudo ./install tekan Enter terus sampai dengan batas 98% , didalam perintah install cermatilah bahwasannya ada beberapa pemberitahuan bahwasannya PacketTracer akan disimpan dibagian opt/pt => chmod +x ./set_ptenv.sh
    sudo ./set_ptenv

  4. Kemudian untuk masuk kedalam PacketTracer kita ketikkan perintah packettracer.
E.Referensi
F.Waktu pelaksanaan
08.30 WIB -09.30.
3.Penutup
G.Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya penginstalan PacketTracer sangatlah mudah karena hanya memasukan beberapa perintah saja pada terminal.
H.Alat yang dibutuhkan
-Satu buah laptop.
-Bahan (Cisco PacketTracer disini saya gunakan Cisco PacketTracer versi 7.2).

0 Komentar