Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaruh,


1.Pendahuluan
      Hai sobat IT, jumpa lagi bersama saya. Bagaimana kabarnya hari ini baik sekali dan sehat selalu bukan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan materi yang kemarin yakni setelah kita membuat hotspot dengan cara menembak lalu menyebarkannya, maka kali ini kita akan melakukan praktek bagaimana mempercantik tampilan hotspot dengan cara meng-upload halaman loginnya, baik itu buat sendiri maupun download template-nya melalui browser kita.
A.Pokok Bahasan
    Bagaimana cara meng-upload template halaman login kedalam hotspot mikrotik.
B.Latar Belakang
      Dikarenakan tampilan hotspot secara default, tidak memiliki daya tarik bagi yang melihatnya.
C.Tujuan
     Untuk membuat tampilan hotspot lebih menarik dan juga sarana promosi bagi yang melihatnya.
2.Isi
D.Pembahasan
   Ok, setelah kita kemarin melakukan praktek menembak dan juga menyebarkan koneksi internet untuk hotspot tampilannya dirasa kurang menarik, maka pada kesempatan kali ini kita akan memerbaikinya, yakni dengan cara menambahkan tampilan halaman login didalamnya dengan cara mengupload file darim laptop/PC kita. Langsug saja kita masuk kedalam konfigurasinya ya.

1.Pastikan pertama kali Mikrotik kalian sudah disetting hotspot terlebih dahulu, karena file yang kita upload ini hanya akan berjalan apabila Mikrotik sudah disetting hotspot, dan juga memiliki koneksi. Perhatikan menu pada samping kiri, cari menu yang bertuliskan File, disitu bisa kalian lihat tampilan default untuk tampilan hotspot Mlikrotik.

2.Buka dua Workspace, yakni satu tempat untuk halaman kerja upload file dan Workspace yang satunya lagi kita gunakan pada Mikrotik menu tempat dimana kita akan upload. Langsung saja klik kanan file yang akan dipindahkan disini file yang saya buat bernama “hotspotsmkbakti”kemudian pada Workspace mikrotik tadi yakni pada bagian Files=>pilih ikon tombol paste diatas.Tunggu proses beberapa saat sampai selesai.


3.Proses upload telah selesai, bisa dilihat sendiri file yang kita upload tadi bernama “hotspotsmkbakti” telah berhasil kita copy kedalam Mikrotik.


4.Tidak hanya sampai disitu saja, kita perlu ubah setting-an default dari tampilan hotspot HTML yang bernamakan “hotspot” kita ubah menjadi file yang telah kita upload tadi, yakni “hotspotsmkbakti”.
Cara yang harus kita lakukan yaitu klik menu IP=>Hotspot=>Server Profiles=>hsprof1=>General=>HTML Directory (“hotspotsmkbakti”).


5.Proses upload sudah selesai bisa dilihat hasilnya sebagi berikut.

E.Referensi
Rekan-rekan BLC.

F.Waktu pelaksanaan
08.30 WIB -16.00 WIB.
3.Penutup
G.Kesimpulan
    Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasnnya kita dapat melakkan perbaikan supaya tampilan hotspot menjadi menarik dengan slah satunya dengan cara meng-upload file halaman login kedalam mikrotik.
H.Alat yang dibutuhkan
-Hardware (Satu buah mikrotik + charger-nya,kabel UTP).
-Software (Winbox ,Wine32 stable=>untuk menjalankan winbox).
-File upload halaman login.
-Satu buah laptop.
-HP (koneksi untuk nantiya sebagai bahan untuk ditembakkan).

0 Komentar