Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

1.Pendahuluan
    Hallo sobat IT jumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya hari ini baik sekali dan juga sehat selalu bukan. Nah, pada kesempatan kali ini tidak akan membahas dan menjurus mengenai teknis karena pada hari ini tadi kita kedatangan tamu dari Mahasiswa UNY Yogyakarta, dimana kedatangan mereka disini ingin melakukan survei tentang kurikulum yang ada pada saat ini dan juga ingin mengetahui sejauh mana metode yang sudah diterapkan, kira-kira seperti itu.
A.Pokok Bahasan
    Diskusi bersama Mahasiswa UNY Yogyakarta (SMK untuk Industri).
B.Latar Belakang
    Karena kakak-kakak mahasiswa dari UNY Yogyakarta ingin melakukan survei mengenai kurikulum yang ada pada saat ini melalui industri.
C.Tujuan
    Untuk mengetahu sejauh mana atau sudah sesuaikah kurikulum yang diberikan sekolah dengan yang diharapkan oleh industri.
2.Isi
D.Pembahasan
    Ok sobat IT seklian seperti apa yang sudah saya jelaskan pada bagian pendahuluan kali ini kita tidak akan mmbahas tentang teknis melainkan pada kesempatan kali ini kita akan ikut diskusi bareng bersama mahasiswa dari UNY Yogyakarta. Nah, untuk pokok tema yang diambil dalam diskusi ini yakni mengenai kesesuaian kurikulum yang telah diberikan kepada siswa ini apakah sudah memenuhi harapan dari pihak industri saat ini. Dapat diketahui juga ya sobat mengenai pendidikan dan juga siswa khususnya SMK mengenai hal ini, industri sangatlah membutuhkan sekali siswa yang berkompeten dan siap kerja.Sedangkan untuk sekarang ini, hasil  yang telah keluar dari sekolah khususnya siswa SMK di Indonesia, mendap[atkan kabar bahwasannya SMK penceta pengangguran terbanyak. Hal ini tentunya juga ada sebab yang melatarbelakangi kenapa siswa SMK ini menjadi pokok utama pencetak pengangguran terbanyak, hal ini ada dua kemungkinan kebanyakan seorag guru yang menyampaikan mata pelajaran kepada siswanya sulit untuk dipahami dan hanya sekadar menyampaikan saja, akan tetapi kita juga tidak bisa langsung menyalahkan begitu saja, bisa juga siswa yaang diberikan mata pelajaran ataupun pemahaman mengenai dunia kerja memang tidak mau berkembang untuk menangkap.



    Pada intinya kontribusi antara kedua belah pihak yakni guru dan juga murid sangatlah diperlukan guna terwujudnya kesetimbangan yang ada. Nah, ddengan diadakannya sistem magang atau PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini siswa dituntut dapat mensinkronisasikan apa yang telah ia dapatka disekolah dengan industri yang sekarang ini dia tempati, karena. Untuk yang saya alami sendiri metode yang telah diberikan di industri/tempat PKL ini sangatlah baik dan saya bilang beda dari yang lain, karena disini kami dibimbing,diberikan arahan, dan juga pedoman tentang gambaran industri yang akan ada dimasa mendatang, boleh saya bilang mana ada tempat PKL yang seperti ini.Industripun sebenarnya berharap lebih kepada kita siswa SMK, karena kita nantinya juga akan masuk kedalam industri mereka, akan tetapi apa yang kami sudah kami dapat sekarang belum memenuhi apa yang diinginkan oleh industri. Sayatekankan lagi industri yang saya tempati ini sangatlah baik sekali untuk saya, dimana pihak industri mau memberikan petunjuk dan arahan tentang kita nanti mau kemana, apa yang nantinya akan kita persiapkan untuk enghadapi persainganindustri diluar sana, belum tentu ada bukan industri lain yang memiliki prospek yang demikian. Sekali lagi saya sangat terkesan dan jua berterima kasih kepadaa pihak industri ini yakni BLC Telkom karena telah memberikan banyak nasihat, pengalaman, dan juga pemahaman tentang apa sebenarnya industri dimasa mendatang.Ok, itu saja sedikit yang saya sampaikan kepada kalian semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi kalian, ingat kita adalah generasi perubahan, keadaan dimasa mendatang yakni revolusi industri ada pada genggaman kita, terus berkarya dan perbanyaklah bermanfaat untuk siapa saja. 

E.Referensi
-
F.Waktu pelaksanaan
13.00 WIB-17.00 WIB.
3.Penutup
G.Kesimpulan
    Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya kita tahu dan paham kurikulum yang sudah diberikan oleh sekolah kepada kami siswa SMK belum mencukupi harapan dan kesesuaian yang diharapkan oleh industri.
H.Alat yang dibutuhkan
Satu buah laptop (untuk dokumentasi catatan)..

0 Komentar