Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaruh,

1.Pendahuluan
    Ya jumpa lagi sobat IT dengan saya gimana kabarnya hari ini sehat semua bukan. Ok, kali ini kita akan membahas tentang proses terjadinya atau terciptanya informasi yang dapat diterima banyk orang melalui sebuah program yng kita buat. Pernah berpikirkah kalian sampai sekarang tentang hal tersebut. Tentunya jarang sekali bukan.
A.Pokok Bahasan
    Memahmi alur kerja sistem informasi dalam pemrograman.
B.Latar Belakang
    Kurannya pengetahuan dasar dalam membangun informasi dalam sebuah jaringan yang dilakukan dengan menggunakan suatu program.
C.Tujuan
    Untuk memberikan pengetahuan atau fondasi dasar sebelum menginjak dunia informasi dan telekomunikasi yang menggunakan sebuh program.
2.Isi
D.Pembahasan
    Sebelum membahas mengenai alur erja sstem informasi alankah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu informasi dan sistem informasi...?
Informasi
    Informasi merupakan hasil pengolahan dari data yang memiliki arti dan manfaat, akan tetapi tidak semua hasil pengolahan tersebut memiliki bisa dikatakan atau menjadi informasi, hasil pengolahan data yang tidak memiliki arti dan tidak bermanfaat bagi seseorang bukanlah merupakan informasi bagi orang tersebut.
Sistem Informasi
    Sistem Informasi merupakan kumpulan sub-sun sistem baik fisik maupun non fisik yang saling berhubngan antara satu dengan yang lainnya yang memiliki tujuan untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna.

1.Internet
   Internet merupakan hubungan dari berbagai komputer yang membentuk sistem jaringan menggunaan sebuah protokol TCP/IP.

2.WWW(World Wide Web)
WWW(World Wide Web) atau sering disebut dengan web, merupakan suatu layanan yang menyediakan informasi yang dipakai oleh pemakai omputer saat terhubung ke Internet dengan menggunakan HTML(Hyper Text Markup Language).Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet yang menggunakan teknologi Hypertext.
 Cara Kerja World Wide Web (WWW) :
1. Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halamanhalaman
web (web pages).
2. Web pages adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan
server-server web (web server).
3. Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai web client.
4. Web client menampilkan page dengan menggunakan program yang disebut dengan web browser.
 3.Homepage
    Homepage merupakan halaman perama dalam suatu website biasanya berisi pemaparan awal tersebut  tentang apa dan siapa web tersebut, selain dari itu WWW merupakan tayang internet melali media WWW.
4.Web Server
    Web Server merupakan program dan juga mesin yang mengerti protokol HTTP dan dapat menanggapi dari web browser yang menggunakan protokol. Browser akan mengirimkan sebuah permintaan kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disedikan oleh server.SErver juga memberikan dokumen atau layanan lainnya jika tersedia dengan enggunakan protokol HTTP.
5.Web Browser
    Web Browser atau sering disebut web browser merupakan program komputer yang disediakan untuk membaca halaman web (Homepage).
6.HTTP(Hypertext Transfer Protokol)
   HTTP dibuat agar server dan browser dapat berkomunikasi satu sama lain dan untuk menangani permintaan-permintaan dari web browser untuk mengakss server. Server HTTP umumnya untuk melayan dokumen Hypertext. karena HTTP adalah rotokol yang sangat rendah.
7.URL
Uniform Resource Locator merupakan meknisme penamaan dan pencarian halaman web yang bersankutan dimana jika kalian perhatikan , disini ada unsur tentang :
1. Apa nama halamannya?
2. Dimana lokasi halaman itu?
3. Bagaimana halaman itu dapat diakses?

 Untuk informasi dapat diakses harus terjawablah ketiga unsur tersebut.
8.HTML(Hyper Text Markup Protokol)
HTML merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web.

Nah untuk perangkat lunak pendukung dalam pembuatan program aplikasi berbasis, diperlukan perangkat lunak penunjang. Seperti sistem operasi dengan Linux misalnya;, Database menggunakan PHP MySQL, Web server dengan menggunakan LAMPP, dan Sublime Text sebagai text editor dalam pembuatan layout nantinya.

F.Waktu pelaksanaan
13:00 WIB -16.00 WIB.
3.Penutup
G.Kesimpulan
Dari uraian ditatas dapat disimpulan bahwasannya kita dapat mengetahui alur atau proses terjadinya informasi mulai dari kita membuka internet dan masuk dalam dokumen dan perangkat apa yang digunakan dalam pembuatannya.
H.Alat yang dibutuhkan
Laptop

0 Komentar