19 November 2018


1.Pendahuluan
        Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, ya kembali bersama saya di blog yang sederhana ini . Nah kali ini ni aku akan bahas tentang tips atau bagaimana sih caranya konsultasi dengan atasan dengan baik dan benar. Ok lanjut aja ke pokok bahasan kita yakni...
1.Pokok Bahasan
Konsultasi terhadap atasan
B.Latar Belakang
        Untuk tahun belakangan ini menurut pengamatan saya, rasa etis dalam berkomunikasi ataupun sopan santun terhadap orang lain itu mengalami kemunduran bahkan hampir untuk anak muda jaman sekarang itu tidak ada. Nah untuk mengarahkan atau hanya sekedar memberitahu para remaja dalam meminimalisir kesalahan yang akan mereka alami dalam menyampaikan pendapat mereka terhadap atasan maka saya buatlah artikel ini untuk pemahaman dasar. Untuk catatan ini tidak hanya berlaku bagi anak remaja saja lho..., baik itu pegawai guru maupun siapapun artikel ini bisa jadi bahan referensi kita semua.

C.Tujuan
       Membantu para remaja untuk paham dan tahu tentang etika dan tatacara sopan santun dalam mengkomunikasikan gagasan yang mereka miliki terhadap atasan mereka.  
2.Isi
D.Pembahasan
       Di era yang serba modern dan canggih ini banyak sekali anak-anak yang tidak tahu tentang cara beretika yang baik dan benar. Mmmm... bukannya tidak tahu sih. Sebenarnya mereka tahu akan tetapi merek tidak paham terhadap apa yang akan merek lakukan nantinya, utamanya anak remaja yang akan menjadi generasi penerus dizaman milenial ini dan persipan menghadpi Revolusi Industri 4.0 ini.

  • Tips dan cara mengkomunikasikan atau konsultasi gagasan terhadap atasan :
  1.  ?Mendengarkan
      Nah usahakan ketika atasan kita berbicara atau menjelaskan tentang sesuatu dengarkan, jangan sampai tidak fokus karena kenapa...?  Hal ini dikarenakan apabila kita ditanya balik tentang apa yang telah disampaikan atasan tadi kalau kalian tidak fokus lalu kalian mau bilang apa... nah bingung bukan, jadi tiap atasan ngomong apa saja perhatikan secara mendetail karena mereka juga akan mengetahui apakah kita serius atau tidak dalam menyampaikan gagasan kita.  
    2. ?Usahakan berani mengeluarkan tanggapan dan bertanya
       Untuk selanjutnya setelah kita mendengarkan apa yang telah disampaikan oleh atasan, maka hal selanjutnya adalah menanyakan dan memberi tanggapan terhadap apa yang dijelaskan oleh atasan jika kita diberikan kesempatan untuk bertanya. Ingat jangan sekali kali menyela/memotong pembicaran jika kita tidak diberi kesempatan bertanya hal ini akan masuk kriteria penilaian oleh atsan. 
   3. ?Gunakan bahasa yang mudah dicerna dan efektif(tetap dalam keopanan). 
     Jangan terlalu bertela tele ketika kita menjelaskan gagasan yang kita sampaikan, tentunya jika kita melakukannya atasan akan merasa bahwasannya apa yang kita sampaikan ini bohong tidak sesuai dengan fakta yang ada.   4. ?Jangan Menggurui 
       Jangan menyampaikan segala sesuatu solah olah kita yang paling tau, hal ini akan brimbas pada diri kita sendiri nantinya terhadap apa yang ditanyakan oleh atasan scara terus menerus (Ibaratnya si atasan bperan sebagai orang yang goblok tapi bertanya secara kritis) , Memang awal awal kalian bisa ,enjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh atsan akan tetapi pasi ada tiba saatnya pertanyaan tersebut tidak bisa kalian jawab.   
   5. ?Jaga sikap dan Kontrol Emosi
      Nah yang paling pentig adalah poin terakhir ini atitud atau sikap kita perlu diperhatikan tentang bagaiman cara duduk yang baik dan benar, pandangan mata, raut wajah maupun mengendalikan emosi yang kita perankan, jagan mudah terpancing emosi kita dengan kata kata yang atasan katakan. Sebenarnya atasan tersebut hanya mengetes tentang sejauhmana kita dapat menahan emosi kita. Untuk bahasa anak jaman sekarang jangan mudah baper lah.
E.Referensi
Teman-teman(utamanya yang sudah lama).
F.Waktu pelaksanaan
08:30 WIB - 09.30 WIB
3.Penutup
G.Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat diatrik kesimpulan bahwasannya kita perlu menjaga atitud dalam berkomunikasi ataupun konsultasi dengan atasan.
 H.Alat yang dibutuhkan
-

0 Komentar