Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaruh,


1.Pendahuluan
    Hai sobat IT jumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya hari ini baik sekali dan juga sehat selalu bukan. Nah, pada ksempatan kali ini kita akan membahas dan juga tentang OSI Layer.
A.Pokok Bahasan
    OSI Layer.
B.Latar Belakang
    Karena saya ingin tahu perjalanan informasi sebelum diterima menjadi data yang utuh.
C.Tujuan
    Untuk mengetahui sistem dan juga alur kerja informasi dalam sebuah jaringan.
2.Isi
D.Pembahasan
    Ok, seperti apa yang saya jelaskan diatas pada bagian pendahuluan kita akan membahas tentang suatu model referensi yang dinamakan OSI, banya yang mengatakan bahwasannya OSI Layer merupakan standar komunikasi yang diterapkan didalam jaringan komputer. standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapatsaling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya.
    OSI Layer jika kalian perhatikan secara detail dan dapat kalian analogikan sebenarnya menggambarkan bagaimana sebuah informasi dari suatu aplikasi dari sebuah omputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu aplikasi di komputer lain. Secara umum model OSI dipecah dan dipisahkan menjadi tujuh bagian, dimana tujuh ini masih dikelompokan lagi bagiannya menjadi dua yaki ada "Upper Layer" dan juga "Lower Layer". Tujuan utama penggunaan OSI ini sebenarnya adalah untuyk membantu konsp alur cerita informasi bisa sampai diterima lagi dalam sebuah jaringan, termasuk nantinya protokol-nya yang berfungsi sebagai jalur untuk lewat data informasi. O, ya sobat untuk bagian OSI Layer ini membutuhkan konsep dan analogi yang cukup matang, karena hal ini merupakan gambaran atau peta kita untuk menuju tempat yang kita inginkan agar paket dapat diterima. Jadi matangkan ya sobat pemahaman kalian tentang OSI ini karena ini menjadi kunci kita juga dalam menyelesaikan suatu prmasalahan dalam suatu jaringan.


    Bisa dilihat juga dari gambar diatas dapat kalian lihat bahwasannya informasi yang dikirimkan oleh si pengirim akan melalui layer aplikasi kemudian data yang dikirimkan tadi akan dipecah dan diberi penanda sebuah header untuk nantinya dapat dilakukan pengenalan kemudian data lanjut lagi keatas setelah melewati lapisan fisik yang dimana tadi header yang diberikan dicopot lagi dan kemudian data lanjut dikirimkan lagi keatas setelah melewati beberapa layer, dan akhirnya tibalah sampai ke penerima sehingga data yang dikirimkan oleh pengirim tadi persis seperti apa yang diterima oleh penerima. O, ya sobat untuk pejelasan lebih detail mengenai model referensi OSI ini akan saya kupas besok ya, karena topik dan juga tema yang kita bahas ini merupaan ujung tombak awal bagaimana informasi itu dapat dikirim dan diterima. 
E.Referensi
3.Penutup
G.Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya OSI layer merupakan suatu model referensi yang digunakan untuk penalaran dalam menyelesaikan suatu maslah dalam suatu sitem informatika.
H.Alat yang dibutuhkan
-Satu buah laptop.




0 Komentar