Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaruh,

 
1.Pendahuluan
    Hai sobat IT jumpa lagi dengan saya, setelah kita kemarin selesai membuat tampilan halaman login untuk web, selanjutnya mari kita kembangkan dengan menambahkan sedikit baris script css untuk mempercantik tampilannya.
A.Pokok Bahasan
     Mengembangkan tampilan halaman login menggunakan style CSS.
B.Latar Belakang
    Karena tampila awal ketika kita membuat halaman login masih polosan dan kurang menarik.
C.Tujuan
     Untuk mengemangkan tampilan web agar enak dipandang.
2.Isi
D.Pembahasan
     Ok, sobat IT setelah kemarin kita melakukan pembuatan tampilan halaman login menggunakan baris program bahasa PHP maka sekarang ini mari kita kembangkan tampilannya, dengan menambahkan script CSS sederhana yakni menambahkan gambar dan juga manipulasi warna dari tampilan yang akan kita buat.

Nah, untuk pengeditannya sendiri disini saya buat tata letak gambar hampir mirip seperti pengembangan atau editing tampilan yang saya buat kemarin waktu pembuatan System CRUD , dimana disana saya berikan style box-shadow pada bagian latar belakang-nya, penambahan warna pada hurufnya, dan juga penempatan gambar yang saya buat dengan menggunakan border-radius. Untuk kali ini, tampilan yang saya buat hampir say samakan seperti tampilan kemarin, hanya saja ada tamahan sedikit yakni penambahan tulisan/teks berjalan menggunakan marquee dan penambahan warna latar untuk form Username dan juga Pasword-nya. Berikut tambahan script yang saya buat untuk mempercantik tampilan halaman login setelah kemarin saya buat file index-nya menu database. Bisa dilihat sendiri perbedaanya dari file yang kemarin saya buat, pada bagaian index-nya awalnya belum saya kasih penggunaan pemanggilan style CSS dari luar, nah pada baris ke-4 saya berikan script untuk pemanggilan CSS-nya. Dengan memasukkan perintah
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="smkbn.css">
, nah pada bagian ini smkbn.css ini merupakan nama dari fil css yang saya buat.O.., ya sobat IT jangan lupa menempatkan file CSS-nya satu folder dengan file-file lain yang sudah kita buat kemarin ya.

a.)Buat nama file terserah kalian, saya sendiri disini menyimpan file-nya dengan nama “smkbn.css” Kemudian tambahkan script berikut.
b.)Setelah selesai menambahkan css, jangaan lupa simpan gambar juga satu folder dengan file-file lain yang sudah kita buat. Disini saya berikan identitas dari gambar dengan nam “jd.png” singkat biar mudah diingat juga. Setelah selesai menambahkan css dan juga menempatkan gambar sekarang kita tinggal coba lakukan testing pada script yang sudaah kita buat tadi. Dan bagaimana hasilnya ada perbedaan bukan dari tampilan yang kemarin.
 
E.Referensi
-
F.Waktu pelaksanaan
08.30-09.30
3.Penutup
G.Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya, kita dapat melakukan editing untuk mengembangkan tampilan halaman login hanya dengan menambahkan baris script CSS.
H.Alat yang dibutuhkan
Satu buah Laptop.
Software(Text editor/ disini saya memakai Sublime Text kalian juga bisa eksplore memakai text editor lain).

0 Komentar