Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaruh,

1.Pendahuluan
A.Pokok Bahasan
    Hai sobat IT jumpa lagi dengan saya, bagaimana kabarnya hari ini baik sekali dan juga sehat selalu bukan, Nah pada kesempatan kali ini kita akan coba eksplore mengenai alata atau fasilitas yang menyediakan layanan agar program yang kita buat dapat dijalankan melalui dua interface berbeda.
B.Latar Belakang
    Karena saya ingin mengetahui kalau misalnya kita sudah buat program, program yang kita buat mau dikemanakan.
C.Tujuan
    Untuk melakukan pengenalan awal dalam mempersiapkan pembuatan program aplikasi yang ingin dibuat.
2.Isi
D.Pembahasan
Apa itu API ?
    Pasti kalian betanya-tanya mengenai apa sebnarnya API itu, dalam dunia pemrograman API merupakan suatu program yang dapat mengelola aplikasi untuk melakukan komunikasi dengan aplikasi lain menggunakan sebuah antara muka atau Interface. API (Application Programming Interface) sebenarnya tanpa kita sadarui sendiri dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya nih ketika suatu website menambahkan ‘Facebook’ button(tombol) pada suatu halaman
    Inilah sebenarnya yang memungkinkan Facebook API dapat terhubung, dimana pada halaman website tersebut memungkinkan API untuk menerima dan juga mengirimkan data.
Perlu diketahui juga bagi kalian ya sobat, adapun yang berhubungan dengan API, yakni REST (Representational Statement Transfer). REST merupakan salah satu jenis API yang dikhususkan untuk Web Service, selain dari itu REST ini juga berisi kumpulan layanan yang memungkinkan program dengan bahasa yang berbeda dapat saling terhubung. Setelahn kita tahu tentang API dan juga REST, ada istilah yang namanya REST API.
    Nah, untuk Google sndiripun juga menyediakan layanan API sendiri lho ternyata, Tanpa kita sadari juga akun google kita ternyata bisa membuat yang namanya API, disini kalian bisa lakukan aktivitas seperti membuat project untuk bisnis kalian atau yang lain. Untuk masuknya sendiri, masuk ke akun google kalian dan kunjungi https://console.developers.google.com/project,dan disitu klian akan disuguhkan dengan tampila Google API, Untuk membuat projek baru kalian cukup klik Buat Projek atau Create Project.




E.Referensi
F.Waktu pelaksanaan
08.00 WIB - 16.00 WIB.
3.Penutup
G.Kesimpulan
    Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya API merupakan antar muka yang dapat menghubungkan dua buah program yang berbeda.
H.Alat yang dibutuhkan
-Saru buah laptop.

0 Komentar