Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaruh,

1.Pendahuluan 
     Hai sobat IT jumpa, gimana kabarnya hari ini baik sekali dan juga sehat selalu bukan,Nah setelah beberapa hari di BLC kita akan memabahas tentang apa itu XML, karena dalam sebuah template ketika kita inspect, banyak sekali website yang memiliki tag demikian.
A.Pokok Bahasan
Pengetahuan Dasar XML
B.Latar Belakang
        XML merupakan sebuah bahasa yang digunakan seorang programmer dalam pembuatan sebuah template salah satunya, bagi seorang programmer pemula hal ini merupakan sebuah tanda tanya dimana mereka tahu bahasa yang biasa mereka gunakan adalah HTML, jadi terhadap hal ini perlu pemahaman dalam menyikapi lebih lanjut.
C.Tujuan
        Memberikan pemahaman mengenai hal dasar dalam pembuatan sebuah template yakni bahasa XML
2.Isi
D.Pembahasan
        XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup yang merupakan salah satu bahasa khusus pemrograman yang digunakan dalam pembuatan sebuah template, yang digunakan sebagai pembuatan data markup untuk proses pertukaran data sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan bahasa dari HTML yang merupakan bahasa standar untuk melacak internet.XML juga disesain untuk menyimpan informasi secara ringkas dan mudah diatur.
Tipe XML
  • XML, merupakan standar format dari struktur berkas (file) yang ada.
  • XSL, merupakan standar untuk memodifikasi sebuah data yang diimpor dan dieksporr.
  • XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML.
Kelebihan  dan  Keunggulan XML :
  • XML dapat menangani brbagai tingkat komplekitas.
  • Dapat beradaptasi (Dapat mengadaptasi untuk membuat bahasa sendiri.
  • Mudah dalam pemeliharaan.
  • XML lebih sederhana
  • XML mempunya kemudahan perpindahan yang lebih bagus.
        Adapun tambahan sedikit mengenai pembuatan template menngunakan bahasa HTML, yaitu CSS(Cascading Style Sheet) dan bagian Body. Pertama yang CSS dulu, Jenis tag ini sebenarnya langsung diintegrasikan dan ditulis langsung pada bagian header template dan selalu ditulis dengan kode <b:skin><![CDATA[ dan diakhiri dengan kode ]]></b:skin>. Untuk Body atau isi dari sebuah template perlu diperhatikan bahwasannya bagian ini berisi keseluruhan halaman yang akan dibuka  dan ditampilkan pertama kali saat tampilan template ini dibuka pertma kali , jadi saya sarankan lebih memperhatikan standar penulisan daan memahami tag-tag mana saja yang hars dibuang dan harus ada. Pemasukan tag yang terlalu banyak dan tak memiliki suatu fungsi atau arti, juga dapat mempengaruhi kinerja dari blog yang kita buat lho...(Misalnya lama dalam Loading ketika mauk ditemplate yang kita buat).
 E.Referensi

F.Waktu Pelaksanaan
08.00-16.00WIB
3.Penutup
G.Kesimpulan
Dari uraian diata dapat disimpulkan bahwasannya kita dapat mengetahui dan paham tentang salah satu bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah template yakni , Bahasa XML yang meliputi pengertian, kelebihan/keunggulan, dan penggunaanNYA.
H.Alat yang dibutuhkan
Satu buah laptop






0 Komentar