Kamis, 08 NOvember 2018




1.Pendahuluan
A.Pokok bahasan
Apa itu PHP.
B.Latar Belakang
         Kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang bahasa pemrograman alah satunya adalah PHP.
C.Tujuan
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang bahasa pemrograman PHP.
2.Isi
D.Pembahasan
PHP
         PHP merupakan singkatan dari Hypertext Processor. Dimana huruf ‘P’ merupakan singkatan dari PHP itu sendiri atau sering disebt dengan rekursi. PHP un juga angat terkenal dikalangan masyarakat dan itu sebabnya banyak cms seperti Joomla, Wordpres,Drupal menggunakan PHP sebagai pondasi dalam membangun website.

Sejarah Singkat
        Sejarah atau awal mulanya PHP ada adalah pada tahun 1994 ketika seorang programmer bernama Rasmus Lerdorf membuat sebuah kode pemrograman ( script) yang mnggunakan bahasa pemrograman bernama perl. Tujuan awal dalam pembuatan program ini sebetulnya hanya digunakan untuk mencatat jumlah pngunjung yang masuk ke website. seiring berjalannya waktu, Ramus Lerdorf mengubah bahasa pemrograman tersebt menjadi bahasa pemrograman C agar lebih menarik dan berkapabilitas. Tak lama kemudian ia mengembangkan bahasa terebut dan mencoba memproses mmproses dengan bahasa HTML.Setelah melakukan hal tersebut ia pun langsung berinisiatif untuk menghubungkannya dengan database. Kemudian Rasmus menamakan program ini sebagai PHP/FI (Personal Home Page/FI). Walaupun demikian PHP ini sudah bisa digunakan untuk membuat website dinamis.
        Pada awal tahun 1996, tepatnya pada bulan April, Rasmus menyatakan resmi PHP/FI versi 2.0 (PHP ini jauh lebih rumit dibandingkan dengan PHP/FI versi 1.0. Dua tahun setelahnnya, yakni tahun 1998 ia meresmikan PHP versi 3.0. Untuk PHP, kini Rasmus Lerdorf memiliki Partner kerjasama bernama Andi Gutmans dan Zeev Suraski, setelah beberapa waktu PHP lisensinya berubah menjadi Open Source. Untuk project PHP kedepannya dibentuklah sebuah group bernama The PHP Group. Setelah rilisnya PHO versi 3 ini banyak sekali programmer yang mengguanakannya.
        Dua tahu setelahnya lagui, yakn tahun 2000 muncul PHP versi 4, yang didalamnuya sdah dilengkapi dan ditambahkan lebuhbanyak fitur. Untu PHP versi 5 ini diluncurkan pada tanggal 13 Juli 2004. PHP pun sudah dilengkapi dengan fitur vanggih yang diberi nama PDO (PHP Data Object). Fungi PDO ini adalah agar PHP bisa mengakses database,namespace, maupun trait. Selain itu, PHP versi 5 ini telah ditingkatkan fiturnya melalui Zend Engine versi 2 dan juga PHP telah mendukung pemrograman berorientai objek. Lnjut keudian PHP versi 6, PHP ini dikembangkan sejak tahun 2005. Walupun sudah dikmbangkan akan tetapi PHP ini tidak jadi dirilis karenaa performanya kurang berkualitas. Hal itu karena programmer yang tersedia pada saat itu jumlahnya masih terbatas.   
        Denga gagal merilis PHP versi 6, Para programmer berusaha mengembangkannya dan berusaha tampil semakimal mungkin. Dengan kata lain tidak perna ada PHP 6 karena performa yang diharapkan kurang. Sehingga muncul PHP 7 yng merupakan lanjutan dari proyek PHPNG (PHP Next Generation). Tujuan dari proyek PHPNG ini adalah agar kode program pada PHP tersusun secara sistemati. Selain itu performa PHP juga akan lebih meningkat.




E.Referensi

F.Waktu Pelaksanaan
08.00-16.00WIB
3.Penutup
G.Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya kita menjadi tahu dan paham mengenai apa ih itu PHP, dan bagaimana sejarah singkatnya.
H.Alat yang dibutuhkan
Satu buah laptop


0 Komentar