Kamis, 01 November 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
1.Pendahuluan 
     Hai sobat IT, bagaimanakah kabarnya hari ini baik dan sehat selalu bukan. Ok, pada pertemuan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Bagaimana cara menyusun, mengatur, dan juga mengorganisir sebuah peluang pekerjaan dengan Konsepsi Manajemen Projek yang tentunya sangat berkaitan erat hubungannya dengan IT juga kan.
A.Pokok Bahasan
Analogi konsepsi manajemen projek
B.Latar Belakang
Kurangnya kemampuan daya tangkap dalam memahami konsepsi manajemen projek khususnya dibidang IT. 
C.Tujuan
  Memberikan pemahaman mengenai tata cara dalam mengolah dan mengorganisir sebuah projek pekerjaan.
2.Isi
D.Pembahasan
    Konsepsi manajemen projek dibidang IT, dilihat dari namanyapun sudah bisa kita tebak bukan, yakni mengenai gambaran dan juga kerangka berpikir dalam menyusun, mengendalikan, serta juga mengorganisir keseluruhan dari sistem kerja yang nantinya akan dijalankan dalam sebuah projek pekerjaan.Nah yang paling dan teramat sangat penting teknik yang kita gunakan dalam menyusun konsepsi ini adalah menggunakan teknik POAC. Nah bagi kalian yang masih awam dan juga baru tahu dan kenal dengan dunia pengorganisasian pasti sangatlah asing, atau mungkin bertanya-tanya, Apa sih itu POAC...?,Bagaimana POAC...? Ok, jangan bingung dalam pertemuan kali ini kita akan membahas dengan apa yang dimaksud dengan teknik POAC. Pada dasarnya POAC merupakan singkatan dari (Planning, Organizing,Actuating, and Controlling).

1.)Planning  

       Planning, seperti namanya sendiri yang artinya perencanaan. Didalam ruang lingkup kerja perencanaan yang matang sangatlah diperlukan guna nantinya dalam pelaksanaan kerja, targetan dan juga harapan kedepan mampu terwujud.Perencanaan ini dapat mencakup kesiapan peelaskan ralatan kerja, waktu, jumlah personil atau anggota, bahkan dalam hal ini kesehatan akan seorang tenaga kerja sangat diperhatikan, Bagaimana tidak...? karena demi terjamin lancarnya pelaksanaan sebuah pekerjaan perlu adanya stamina fit dan tubuh yang segar. O... ya tidak main-main juga lho... tanyakan dan pastikan juga tiap pra pelaksanaan kerja kepada seorang pekerja atau teknisi perut sudah dalam keadaan terisi atau belum,  hal ini-pun sangat berpengaruh dan berdampak banyak kedepan, bayangkan jika seorang pekerja dalam keadaan perut belum terisi dipaksakan untuk melaksanakn kerja, bisa panjang urusannya bukan. Kurang lebih seperti seperti itu yang dijelaskan oleh Mbah Suro siang tadi dalam diskusi kami bersama kawan-kawan BLC.




2.)Organizing
     
      Organizing, merupakan tahapan konsep manajamen untuk melakukan penerapan pengorganisasian dalam sebuah projek suatu pekerjaan, misalnya pembagian tiap-tiap tugas dari masing-masing pekerja sesuai bidangnya agar dapat terselesaikan dengn cepat dan juga tepat. 
3.)Actuating

     Actuating, atau sering disebut tahapan penggerakan, merupakan proses yang dilakukam bilamana planning and Organizing telah dilakukan, singkatnya pada tahapan ini proses pengerjaan mulai dilakukan .
4.)Controlling

      Controlling atau tahap pengendalian/pengawasan, pada tahap ini sangat dan perlu dilakukan, karena walaupun seorang pekerja sudah melaksanakan tugas sesuai bidangnya, perlu dilakukan pemantauan terhadap proses kerja yang mereka lakukan apakah sesuai dengan K3 dan standar SOP atau tidak.
E.Referensi
-Mbah Suro.
-https://medium.com/@TERRAITB/poac-planning-organizing-actuating-and-controlling-manajemen-organisasi-ea982e20529  
-https://page4future.blogspot.com/2011/01/poac-is-basic-concept-of-management.html 
F.Waktu pelaksanaan
08.00 WIB - 16.00 WIB.
3.Penutup
G.Kesimpulan
    Dari uraian diatas kita mampu memahami bahwasannya Konsepsi manajemen yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, dan juga Controlling, sangatlah diperlukan guna mewujudkan hasilkerja yang maksimal.
H.Alat yang dibutuhkan
-Laptop.
-TV LED-HDMI (sebagai pengganti proyektor).

0 Komentar