Selasa, 20 November 2018



1.Pendahuluan
        Hai sobat IT jumpa lagi bersama aku malam ini,Ooo ya pastinya kalian sehat semua bukan..., Nah pada pertemuan kali ini kita akn membahas mengenai Pembuatan peta tentang arah tujuan yang akan kita jalani nantinya..., Seperti apa, yuk simak pembahasan kali ini.
A.Pokok Bahasan
Pemetaan arah tujuan dalam menentukan pekerjaan yang dipilih.
B.Latar Belakang
        Kurangnya kesadaran dan kebingungan pada banyak orng utamanya para remaja yang masi belum tahu tentang kemana mreka nantinya setelah lulus.
C.Tujuan
      Memberikan gambaran maupun paparan tentang pemetaan arah tujuan dalam menentukan sebuah pekerjaan yang an mereka pilih nantinya.
2.Isi
D.Pembahasan
      Sebelum kita menjurus kedalam pemetaan yang kita buat nantinya alangkah baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Roadmap. Roadmap meupakan sebuah rancangan ataupun gambaran pemetaan untuk menentukan tujuan yang akan kita jalani nantinya, namun kita juga haruslah mengetahui keberadaan kita. Bayangkan saja, jika kita sudah mengetahui kita mau kemana( Misal arah tujuan kita sebut saja Jogja, akan tetapi kita tidak tahu keberadaan kita sendiri itu dimana. Nah, bingung bukan kalian mau kemana, maka dari itu kita juga harus menanyakan sebenarnya kita itu diarah mana terlebih dahulu terlepas nantinya untuk penentuan arah tujuan yang akan kita capai nantinya.
Coba amati struktur roadmap yang aku buat ini :
     Nah, dalam menentukan sebuah tujuan yang akan kita buat wajib mengetahui dan menyusun perencanaan seperti paparan diatas, yang jika ditulis meliputi hal berikut :
  • Roadmap (Menentukan tujuan pekerjan yang aan kita pilih) :
  1. Tentukanlah terlebih dahulu kalian mau jadi apa...?
  2. Proses apa yang akan kalian lakukan dalam waktu berjangka ; Pendek, Menengah, Panjang.
  3. Lakukanlah penganalisisan terhadap apa yang akan kamu ingin kamu capai menggunakan metode Analisis SWOT [(Strengths (Kekuatan), Weaknesses(Kelemahan), Opportunities(Peluang), Threats(Ancaman)].
  4. Lakukanlah persiapan secara matang baik fisik maupun mental.
  5. Gunakan juga perincian tujuanmu tersebut menggunakan konsepsi manajemen dibidang IT (Karena kita ini sudah memasuki generasi Milenial dengan alur Revolusi Industri 4.0).
  6. Yang tidak kalh penting juga adalah yang terakhir ini yakni mengenai pemikiran alan yang perlu dimatangkan tentang :
  • Tantangan
  • Resiko 
  • Hambatan, dan
  • Peluang.
E.Referensi
F.Waktu pelaksanaan
08:00 WIB-17:00 WIB (Dengan terjeda waktu istirahat 30 Menit).
3.Penutup
G.Kesimpulan
     Mampu memahami dan tahu arah, tujuan, dan kehendak yang akan dilakukan dalam menentukan pekerjaan yang akan mereka pilih kedepannya.
H.Alat yang dibutuhkan 
-Satu buah laptop
-Aplikasi VYM

0 Komentar